Organisasi secara terminologi (lugowi) berasal dari kata “organum” yakni alat, bagian dari anggota atau badan. Sedangkan secara terminologi (istilah) bisa diartikan.
- Susunan yang teratur dan berdisiplin
- Persatuan sesuatu atau keadaan dipersatukan sehingga orang bisa bekerja sama.
- Caranya bagian- bagian dari suatu keseluruhan disusun
- Kelompok manusia yang bersatu untuk melakukan pekerjaan tertentu
Menurut pendapat saya organisasi secara terminologi adalah suatu perkumpulan dua orang bahkan lebih yang memiliki kesepakatan dan aturan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Cirri – cirri organisasi
- Mempunyai bangan struktur organisasi seperti pemimpin , wakil , anggota serta seksi – seksi lainnya dimana pemimpin yang bertugas bertanggung jawab penuh atas suatu organisasi tersebut dan mengatur sebuah organisasi tersebut agar berjalan sesuai dengan aturan dan tujuan yang telah desepakati bersama dan dilanjutkan oleh wakil yang bertugas membantu ketua dalam menjalankan tugasnya , anggota adalah semua orang yang terlibat dalam organisasi tersebut , seksi – seksi yang dimaksud dalam suatu organisasi ini adalah seseorang anggota yang telah ditunjuk oleh ketua untuk menjalankan tugas nya sesuai dengan kapasitas dan kemampuan anggotanya setiap seksi pasti memliki tugas yang berbeda satu sama lain.
- Mempunyai tujuan dan sasaran = setiap organisasi pasti mempunyai sebuah tujuan yang ingin dituju secara tepat serta sasaran tepat juga sesuai dengan kesepakatan yang disetujui bersama.
- Kerjasama = organisasi akan berjalan dengan lancer apabila didalam organisasi tersebut terjalin sebuah ikatan kerja sama satu sama lain serta membantu setiap anggota dan mencari solusi secra bersama ketika ada salah satu anggota menggalami kesulitan dalam menjalankan tugasnya.
- Aturan dan tata tertib = setiap organisasi pasti memiliki peraturan dan tata tertib agar setiap anggota menjalankan tugasnya dengan tepat dan cepat apabila tidak mengikuti aturan tersebut pasti nanti akan diberikan sebuah saksi oleh ketua kepada setiap anggota yang melanggarnya
- Kesepakatan = ciri organisasi yang baik apabila mempunyai sebuah kesepakatan yang disetujui oleh semua anggotanya.
- Strategi = setiap organisasi pasti mempunyai strategi dalam pelaksanaanya agar dapat dilakukan secara cepat dan tepat biasanya strategi ini diberutahukan oleh ketua kepada anggotanya.
Manajemen Dalam Organisasi
Manajemen dalam sebuah organisasi sangat diperlukan dikarenakan proses perencanaan, pengorganisasian, serta pengkoordinasian, dan pengontrolan untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.sehingga sangat diperlukan manajemen dalam suatu organisasi apabila tidak ada sebuah manajemen dalam suatu organisasi maka suatu organisasi tersebut akan terlaksanakan secara berantakan.
Sumber:
-https://latansablog.wordpress.com/2011/10/03/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode/
-http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-ciri-manfat-unsur-unsur-organisasi.html
-http://lagilagiartikel.blogspot.co.id/2012/05/perencanaan-manajemen-dalam-organisasi.html
0 comments :
Post a Comment