Sunday, November 22, 2015

PROGRAM MENU PEGAWAI DI COBOL

Standard
INPUT OUTPUT SECTION berfungsi sebagai menerangkan peralatan yang digunakan untuk memproses file baik sebagai media peralatan input atau media peralatan output.
FILE CONTROL dipergunakan file dengan media simpanan sekunder, maka paragraph File-Control harus ditulis.
Pada label PEGAWAI ditandai dengan variable NAMA,NPM,STA,GLO, dan GJ, menyimpan nilai data alphanumerik, berupa angka, huruf, karakter khusus dan maksimal karakter berjumlah 10.

WORKING-STORAGE SECTION berfungsi untuk mendeklarasikan variabel dan tipe data yang digunakan.
Pada label ULANG. Berisi, 02 DATA1 OCCURS 99 TIMES berarti bahwa DATA1 akan memberikan array sebanyak 99 kali.
selanjutnya pada perintah SELEKSI bernilai variabel X. dan ada perintah PIL dimana N, I, I1 bersifat independent atau berdisi sendiri terhadap nilai variabelnya.



Pada perintah JUDUL, berisi 02 FILLER PIC X(20) VALUE SPACE yang berfungsi untuk memberikan jarak sebanyak 20 spasi, yang diikuti dengan perintah mencetak tampilan pada output nanti.



selanjutnya perintah untuk menmapilkan tampilan awal, disitu ada “MENU PEGAWAI” yang dicetak di line 1 kolom ke 8, “INPUT DATA” yang tercetak di line 3 kolom 7, “TAMPIL” yang tercetak di line 4 kolom 7, “KELUAR” yang tercetak di line 5 kolom 7, dan “PILIHAN ANDA” yang tercetak di line 7 kolom 7.


PROCEDURE DIVISION merupakan inti dari pemograman pada COBOL. IF PIL = 1 GO TO TENTUKAN berarti bahwa pada layar output nanti jika kita memilih pilihan 1 maka kita akan menuju ke statement TENTUKAN.
Pada perintah tentukan akan menampilkan JUMLAH DATA yang ditandai dengan variabel N, dan variabel I bernilai awal 1. Apabila terpenuhi akan menuju tratement MULAI.



Pada perintah ISI akan menampilkan DATA PEGAWAI, NAMA PEGAWAI, NIP, STATUS dan GOL. Dimana Variabel GOl ditandai dengan variabel I. Jika kita input GOL dengan data A maka akan mendapatkan GP “100000000” jika menginput B maka GP akan bernilai “80000000” jika tidak ada pengecualian selanjutnya GP akan bernilai “500000”.



Pada peritnah LAPORAN hanya menampilkan statement yang sudah tersimpan sebelumnya, ditampah perintah SELEKSI apakah program akan berhenti atau dilanjutnya kembali yang ditandai dengan IF YA GO TO MULAI. Yang artinya jika kondisi terpenuhi akan menuju perintah MULAI, jika tidak program akan berhenti.



Pada perintah yang terakhir adalah HASIL, yang nantinya juga akan menampilkan hasil input data yang kita masukan ditambah dengan COMPUTE I = I + 1. Jika variabel I nantinya akan ditambah 1


BERIKUT HASIL OUTPUTNYA


1 comment :