Sunday, November 22, 2015

PROGRAM PERULANGAN DI COBOL

Standard


IDENTIFICATION DIVISION. berfungsi untuk pengidentifikasian pembuat program seperti PROGRAM ID. dan AUTHOR.

ENVIRONMENT DIVISION. berfungsi untuk member informasi peralatan yang digunakan dalam program. DATA DIVISION. berfungsi untuk mendeskripsikan jenis tipe data yang digunakan.  Sementara WORKING-STORAGE SECTION. berfungsi untuk mendeklarasikan variabel dan tipe data yang digunakan.
OCCURS 10 TIMES, maksudnya yaitu NAMA yang mempunyai 10 elemen (dibatasi hanya sampai 10 inputan elemen NAMA, KELAS,NPM). berjenis tipe data numerik yang memiliki 2 digit.

77 merupakan level number yang hanya boleh terdapat pada WORKING-STORAGE SECTION, dimana data item bersifat berdiri sendiri. 77 I PIC 99 berarti variabel I mengandung variabel numeric.

DISPLAY ( ,  ) ‘INPUT JUMLAH DATA : ‘ ACCEPT N. berarti nanti pada layar output akan muncul perintah untuk INPUT JUMLAH DATA dengan variabel N.

PERFORM HASIL VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I = N yang berarti perintah untuk melakukan looping sebanyak I satu demi satu sampai dengan I , setelah looping sampai sama dengan nilai variabelN maka program akan berhenti sendiri dan akan mencetak sebanyak I dari statement HASIL.
DISPLAY ‘NAMA KE-‘, I , ‘?’. Dimaksudkan untuk menampilkan pernyataan NAMA KE ‘I’  kemudian diikuti dengan statement ACCEPT untuk memberi input, yaitu NAMA(I), variable NAMA bersifat alfanumeric 10 karakter dan memiliki 10 elemen.
Begitu juga dengan variable KELAS dan  NPM.

Proses input sudah selesai sekarang masuk pada proses output. Dimulai pada paragraf ULANG, yang berisikan DISPLAY SPACE, dimaksudkan agar antara proses INPUT dengan OUTPUTnya diberi jarak 1 baris (1x enter). Dan selanjutnya PERFORM TAMPIL VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I = N. berarti perintah program untuk melakukan looping sebanyak I satu demi satu sampai dengan I, setelah looping sampai sama dengan N maka program akan berhenti sendiri dan akan mencetak sebanyak I dari statement TAMPIL.

Kemudian perform TAMPIL, kita lihat apa yang terdapat pada paragraf TAMPIL, yaitu DISPLAY NAMA(I), yang sudah diinput pada statement ACCEPT sebelumnya. Kemudian sama seperti proses INPUT, maka dioutput pun ada perulangan, yaitu statement VARYING yang menyebabkan “I” bernilai mulai dari 1 kemudian akan bertambah 1 sampai I = N, berarti akan menampilkan NAMA(I) sesuai dengan jumlah yang diinput sebelumnya.

Selanjutnya memeriksa apakah ada kesalahan pada kodingan, jika tidak akan seperti gambar dibawah dengan perintah “cobol cbf.cob;” karena saya memberi nama programnya adalah cbf akan muncul tampilan seperti dibawah.

Dan berikut hasil outputnya :
Disini saya memasukan 10 data yang nantinya akan diinput dan terkumpul, lalu dimunculkan di akhir output jika sudah terpenuhi.


0 comments :

Post a Comment